Tuesday, September 15, 2015

Kapan aja sih waktu makan yang terbaik untuk kesehatan?


Kapan saja waktu terbaik untuk menyantap makanan? apakah anda sudah tau jam berapa waktu sarapan terbaik, jam berapa waktu makan siang terbaik dan jam berapa waktu makan malam terbaik untuk kesehatan tubuh.
Sebagaimana kita ketahui dari berbagai referensi sebelumnya, bahwa pola makan sehat adalah 3x makan berat (meals) dalam sehari. Berat badan ideal dan tubuh sehat akan diperoleh dengan memperbaiki pola 'makan berat', bukan dengan menguranginya.
Mengabaikan salah satu waktu 'makan berat', entah pagi, siang atau malam justru mendorong seseorang untuk berprilaku konsumsi kurang sehat dengan menambah asupan 'kudapan' (snack) yang cenderung kurang sehat (tinggi garam/msg dan gula).
 
Sebuah penelitian yang melibatkan 1.000 responden menemukan sebuah fakta tentang 'kapan waktu terbaik' untuk makan berat dalam sehari (Emma Innes, dalam DailyMail 31/03/14). Waktu tersebut dinyatakan sebagai "optimum time" bagi tubuh dalam memproses makanan sehingga badan menjadi ideal dan sehat.
Waktu tersebut antara lain :
1. Sarapan
Sejak pukul 7am (pagi) lebih sedikit (sekitar 07.11am)
2. Makan siang
Antara pukul 12.30-1pm (sejak pukul 12.38pm)
3. Makan malam
Sekitar pukul 6.00-6.30pm (tepatnya dimulai 6.14pm)
Awalnya, bagi seseorang yang tidak terbiasa 'makan berat' 3x sehari pada waktu-waktu yang disebut diatas memang seakan sangat merepotkan. Akan tetapi jika mulai dipaksa (sehingga akhirnya menjadi terbiasa), insyaAllah tubuh akan merasakan perubahan signifikan.
Badan terasa lebih ideal, menjadi lebih fit dan segar bugar serta tidak mudah terserang penyakit ataupun keluhan gangguan kesehatan ringan seperti masuk angin, perut kembung ataupun flu.
Semoga informasi ini bermanfaat menjadikan hari-hari kita lebih sehat, produktif dan penuh dengan keceriaan. Aamiin Allahumma Aamiin.
 

Kapan aja sih waktu makan yang terbaik untuk kesehatan? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown