Tuesday, September 22, 2015

3 Tips Menjaga dan Merawat Otak Tetap Sehat


Nitnetnit - Otak adalah tempat untuk menyimpan berbagai memori atau ingatan dalam hidup. Melalui kinerja otak, kita bisa menghapal lagu, mengingat kenangan masa lalu, melamun dan berkonsentrasi mengerjakan soal ulangan.

Bahkan, saking beratnya kerja otak, organ ini ternyata lebih banyak menghabiskan kalori dari makanan yang kita konsumsi ketimbang organ-organ lain yang terdapat pada tubuh manusia.

Karena otak merupakan salah satu organ vital yang ada pada tubuh manusia, maka sudah sepatutnya bila kita menjaga dan merawatnya agar bisa berfungsi secara maksimal. Jika otak tidak dirawat dan dijaga dengan baik, maka fungsi otak kita akan terganggu.

Berikut ini beberapa tips agar otak Anda tetap sehat dan tajam:

1. Tetap fit dan hindari alkohol.

“Apa yang baik untuk jantung baik juga untuk otak. Berolahraga secara teratur dan menghindari alkohol membantu meningkatkan ketajaman serta kesehatan otak dan jantung Anda dikemudian hari," kata direktur Center for Cognitive Neurology di NYU Langone Medical Center, Thomas Wisniewski, MD, seperti dilansir laman Glamour, Selasa (15/9).


2. Diet Mediterania

“Cobalah untuk makan makanan yang mengandung lemak sehat seperti minyak kelapa, susu dan daging serta menghindari lemak, makanan goreng dan makanan kemasan," kata psikoterapis Ginnie Love, Ph.D.

3. Biarkan otak Anda tetap aktif

Sebaiknya Anda melakukan suatu kegiatan yang tidak hanya bersifat merangsang tetapi juga menyenangkan.(fny/jpnn)

3 Tips Menjaga dan Merawat Otak Tetap Sehat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown