Tuesday, September 22, 2015

Terbangun Tengah Malam Saat Tidur Pulas, Ini Alasannya


Terbangun Tengah Malam Saat Tidur Pulas, Ini Alasannya

Nitnetnit - Sering terbangun dari tidur saat malam hari akan mengganggu kualitas tidur Anda. Ketika terbangun pada malam hari, tak jarang akan menimbulkan masalah berupa sulit untuk tidur kembali yang pada akhirnya bisa membuat Anda merasa mengantuk saat siang hari hingga berujung pada terganggunya aktivitas sehari-hari.

“Pertama-tama, memahami bahwa bangun di tengah malam benar-benar normal dan bagian dari DNA manusia," kata founder of Paradise Sleep and author of The Sleep Diet, Jose Colon, MD, seperti dilansir laman Yahoo Health, Selasa (15/9).

“Tidak ada yang tidur sepanjang malam. Bahkan terbangun 4 sampai 6 kali pada malam hari dianggap normal," kata Colon.

Berikut ini beberapa alasan mengapa Anda terbangun tengah malam

1. Anda perlu pee

Nokturia (buang air kecil malam hari) memiliki banyak pemicu. Tetapi jika Anda menemukan diri Anda bangun 2 sampai 4 kali setiap malam hanya untuk buang air lebih baik mulai keesokkan harinya Anda minum air lebih sedikit sebelum tidur.

“Hanya menambahkan sedikit garam," kata Jonathan Steele, RN, direktur eksekutif WaterCures.org.

Tubuh kita mencoba untuk mempertahankan keseimbangan internal air dan elektrolit. Terlalu banyak air tanpa cukup garam dan tubuh Anda mungkin mencoba untuk membuang beberapa H20 yang mungkin menjelaskan mengapa Anda bangun di tengah malam untuk buang air kecil.

2. Kepanasan

Menurut National Sleep Foundation (NSF), merasa panas bisa membuat Anda sulit tidur.

3. Memainkan handphone sebelum tidur

Mengekspos mata terhadap cahaya pada malam hari membuat tubuh berhenti memproduksi melatonin atau hormon tidur. Dari tablet hingga smartphone, perangkat elektronik merupakan pengganggu tidur ampuh.

4. Stres

Stress sangat efektif menggangu tidur.(fny/jpnn)

Terbangun Tengah Malam Saat Tidur Pulas, Ini Alasannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown