Tuesday, September 22, 2015

( Catat Nich ) Tips Mudah Menghilangkan Komedo

Nitnetnit - Komedo merupakan penyumbatan pada pori-pori kulit sehingga muncul tonjolan kecil berwarna putih yang disebut whitehead dan yang berwarna hitam dikenal sebagai blackhead pada sekitar kulit atau wajah Anda. Terkadang komedo juga berwarna kekuningan.

Biasanya sasaran utama munculnya komedo yaitu pada wajah, area hidung dan sekitar mata. Komedo bisa berkembang menjadi jerawat yang dikenal sebagai papul atau pustule.

Komedo secara umum biasanya muncul dan berkembang pada saat dan setelah masa pubertas ketika kadar hormon menghasilkan sebum yang berlebih.

Komedo terjadi karena efek dari perubahan hormon pada kelenjar kulit. Kelenjar ini adalah kelenjar sebaceous yang menghasilkan produk minyak yang disebut sebum. Beberapa jumlah sebum diperlukan untuk menjaga hidrasi kulit.

Berikut ini beberapa tips menghilangkan komedo, seperti dilansir laman India Times, Selasa (15/9).

A. Pengobatan kosmetik

1. Gunakan pembersih yang lembut 2 kali sehari dengan air hangat atau dingin.

2. Sebuah toner ringan atau air mawar bisa digunakan setelah membersihkan kulit.

3. Gunakan pelembab non-comedogenic pada wajah di malam hari.

4. Semua produk perawatan kulit yang digunakan termasuk tabir surya atau pelembab atau krim malam harus non-comedogenic. Botol biasanya diberi label sebagai non-comedogenic.

5. Krim yang mengandung benzoil peroksida, adapalene, tretinoin atau asam azaelic bisa diterapkan di seluruh wajah di malam hari. Paling baik dilakukan setelah konsultasi medis karena mungkin ada efek samping.

B. Home remedies untuk mengobati komedo

1. Kunyit dan ketumbar

Siapkan pasta dari daun ketumbar dan saring cairan. Tambahkan kunyit ke jus ketumbar dan campur dan biarkan pada wajah selama 30 menit. Cuci dengan air hangat. Lakukan setiap malam.

2. Besan dan almond

Perawatan ini direkomendasikan untuk hidung. Siapkan scrub dengan almond dan bubuk besan dan gunakan untuk menyingkirkan komedo.

3. Baking soda



Buatlah pasta dari baking soda dan air dan terapkan didaerah komedo selama 25 menit. Cuci dengan air hangat untuk menyingkirkan komedo.

4. Madu

Madu juga dianggap salah satu bahan terbaik untuk perawatan kulit. Jadi tidak ada salahnya jika Anda menerapkan madu pada wajah Anda untuk menyingkirkan komedo.

5. Kopi

Selain menghilangkan kulit mati kopi juga menambah kelembaban pada kulit Anda, sehingga lembut dan halus. Ambil satu cangkir kopi bubuk dan gula dan campurkan mereka bersama-sama. Tambahkan dua sendok teh minyak zaitun dan tiga kapsul vitamin E. Oleskan pada wajah Anda.

6. Tepung terigu

Campur tepung terigu 1gram dengan air mawar dan oleskan di wajah Anda selama sekitar dua puluh menit. Anda akan melihat perbedaan yang instan.(fny/jpnn)

( Catat Nich ) Tips Mudah Menghilangkan Komedo Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonymous