Wednesday, October 5, 2016

Harga iPhone 7 di Indonesia Bisa untuk Makan Nasi selama 16 Tahun

Harga iPhone 7 di Indonesia Bisa untuk Makan Nasi selama 16 Tahun

Bila diperhatikan dengan seksama, harga iPhone 7 di Indonesia dan di negara-negara Asia Tenggara lainnya jauh lebih mahal dibandingkan dengan di Amerika Serikat.

Padahal, laporan terbaru menyebutkan mayoritas komponen iPhone disuplai dari Asia Tenggara dan kemudian dirakit di Tiongkok. Beberapa alasan di antaranya adalah biaya ekspor-impor dan pajak yang ditetapkan tiap negara.

Bagi negara di mana iPhone 7 belum diluncurkan seperti Thailand, Vietnam, Indonesia, Malaysia, dan Filipina, para penggila teknologi rela pergi ke luar negeri demi menjadi pemilik iPhone 7.

Para penjual gelap bahkan membeli iPhone 7 dari Singapura dan Hong Kong--dua negara Asia di mana iPhone 7 sudah diluncurkan--dan menjualnya di negara asal mereka dengan harga lebih mahal.

Satu fakta ini mungkin akan mengejutkan kamu. Harga iPhone di Indonesia adalah yang kedua termahal di Asia Tenggara, bahkan di dunia. Terlepas dari harganya yang cukup mahal, iPhone 6 dan 6s terjual sebanyak 61,2 juta unit pada kuartal pertama 2015. 



Kali ini situs web penyedia layanan perbandingan harga, iPrice, menggelar studi mengenai iPhone 7 di Asia Tenggara. Bila di Amerika Serikat iPhone 7 dengan memori 128GB dibanderol US$ 749, di Singapura orang harus rela merogoh kocek US$ 897.

Kemudian di Malaysia dan Vietnam, harga yang dipatok adalah US$ 900 dan US$ 1.023. Adapun di Filipina, Indonesia, dan Thailand, harganya jauh lebih mahal lagi yakni US$ 1.031, US$ 1.268, dan US$ 1.340.

Dari studi tersebut, juga terungkap bahwa harga iPhone 7 di Indonesia setara dengan:
1 sepeda motor bebek otomatis terbaru tahun 2016
3 bulan sewa apartemen di Jakarta Pusat
32 karung beras 50 kg--jika tidak ada inflasi, akan cukup untuk makan nasi selama 16 tahun

Wah, ternyata harga iPhone 7 semahal itu, ya? Kalau kamu punya uang segitu banyak, kamu masih tetap mau beli iPhone 7 atau beli sepeda motor?
||| Liputan6|||

Harga iPhone 7 di Indonesia Bisa untuk Makan Nasi selama 16 Tahun Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown