Sunday, October 23, 2016

Bukan Karena Sayang, Tapi Hal-hal Ini Wajar Kalau Bikin Kamu Cemburu Sama Pacar

Dalih klise saat kamu cemburu itu nggak jauh dari rasa sayang ke pasangan. Katanya kalau nggak ada perasaan cemburu malah bahaya, karena jangan-jangan kamu tak terlalu sayang dan tak memperdulikan pasanganmu. Tapi kadang kecemburuan yang berlebihan jadi penyebab ketidakharmonisan hubungan kamu dan dia. Ada saja dampaknya, mulai dari ngambek-ngambek nggak jelas, bertengkar, sampai bahkan putus. 

Sebab cemburu ini membuat kamu dan dia sama-sama tak nyaman. Di satu sisi cemburumu buat dia merasa tak terima atas segala tuduhan. Tapi di sisi lain perasaanmu yang dilanda cemburu ini tak tenang sekali. Apalagi kalau cowokmu sudah bilang, “kamu ngapain sih pakai cemburu segala? cemburu tuh cuma buat kita capek sendiri.”


Cowokmu ini bukan nggak mau ngertiin rasa khawatir atau takutmu, tapi memang dia sendiri nggak tahu penyebab sebenarnya kamu cemburu. Padahal sebab cemburumu masih wajar saja. Sepele sih, tapi mau bagaimana lagi kalau cewek kadang nggak kuasa menghindari cemburu muncul dari beberapa hal-hal ini.
1. Menganggap teman-temannya banyak yang lebih menarik dari kamu, entah penampilan entah pemikiran
Sifat cowokmu yang supel dan selalu ingin ikut kegiatan apapun membuat dia punya lebih banyak teman, baik cewek atau cowok. Kamu sebenarnya tak pernah mempermasalahkan sifat atau kegiatan cowokmu, selama itu semua positif. Tapi entah kenapa kamu suka merasa minder sendiri, ketika tahu temen-temennya terutama yang cewek punya kelebihan atau keunikan yang menurutmu lebih dari kamu. Jujur saja, kamu khawatir kalau cowokmu tertarik dengan teman-temannya itu.
Percaya dirimu semakin menurun lagi, saat kamu yang dilanda cemburu diam-diam mencari tahu teman-temannya itu satu persatu. Si A yang cantik dan punya segudang prestasi, atau si B yang tak hanya manis tapi juga punya selera yang baik sebagai penulis muda. Padahal di balik kecemburuan itu, cowokmu sendiri selalu berusaha meyakinkanmu, kalau kamu buatnya tetap lebih baik dari teman-temannya itu.
2. Kasih kabar sekenanya, ketemuan jarang, sikap cowokmu yang agak cuek membuat kamu berpikir macam-macam
Balas chat atau pesan lama sekali, kadang seharian hilang tanpa kabar, sedangkan ketemuan atau waktu berdua pun dalam sebulan masih bisa dihitung dangan jari. Bilangnya sih dia tak bisa ketemu karena memang ada kegiatan atau sudah terlanjur lebih dulu janjian dengan temannya. Sekali, dua kali, lama-lama kamu sendiri lebih sering merasa diabaikan olehnya.

Dan kalau sudah begini, cewek yang perasaannya sensitif jadi mudah dihasut oleh pikiran-pikiran negatif. Ya seringnya berujung ke pikiran, jangan-jangan dia lagi dekat dengan cewek lain. Aslinya sih cowoknya emang dasarnya cuek atau memang benar sibuk saja.
3. Dibohongi sekali dua kali pun buat kamu hilang percaya dan mudah curiga
Meski cuma sekali, bohong tetap saja dianggap kesalahan fatal yang bikin orang susah sampai hilang kepercayaan. Persis dengan pasanganmu yang pernah beberapa kali berbohong. Meski persoalan bohongnya sepele, tapi tetap cukup membuat kamu jadi sulit untuk percaya dengan dirinya. Parahnya lagi kamu bisa mendadak curigaan, kalau saja dia ketahuan berbohong atau berbuat salah lagi.
Wajar saja kalau orang menganggap kepercayaan sebagai kunci dari keberhasilan sebuah hubungan. Karena sekali tak percaya, bisa akan terus cemburu dan cemburu dengan apapun itu.
4. Cowokmu terlalu ramah dengan semua orang, termasuk keteman-teman ceweknya
Kamu sendiri tak pernah melarang cowokmu berteman dengan siapa saja. Karena kamu tahu dunianya tak sesempit daun kelor yang hanya untukmu. Sikapmu yang seperti ini pun karena memang tak ingin terkesan mengekang pasangan. Tapi lama-lama kamu juga gerah, ketika cowokmu bersikap terlalu ramah dengan teman-temannya yang cewek, entah di media sosial atau kehidupan nyata.
Bukan karena tak memperbolehkan cowokmu baik dengan teman-temannya. Kamu cuma ingin cowokmu bisa lebih menjaga sikapnya. Baik tak masalah, tapi tak perlu memasang wajah atau berucap terlalu manis. Kesannya yang muncul di pikiranmu, cowokmu ini seperti cari perhatian. Padahal kamu ingin sekali dia menjaga wibawanya sekaligus perasaanmu.
5. Salah paham karena ada hal-hal yang tak bisa disampaikan dengan baik, buat cewek menebak-nebak
Komunikasi nggak harus sering, sebab yang penting itu kualitasnya. Dalam arti kamu dan dia bisa saling mengerti segala persoalan penting. Setidaknya kamu tahu siapa saja yang ada dilingkungan pergaulannya, atau kegiatan cowokmu seperti apa selama ini. Karena kalau saja ada hal yang kamu tak tahu atau paham, ya akibatnya apa lagi kalau bukan mendadak curigaan.
Kamu dibuat menebak-nebak kira-kira cewek yang ada di sampingnya itu siapa ya? Kenapa dia situ mereka kelihatan lebih akrab dari yang lainnya? Atau kira-kira dia kemana ya, kok suaranya ramai sekali ada suara cewek pula? Toh, kalau memang cuma teman harusnya kamu tahu, dan setidaknya kamu tak perlu khawatir ataupun takut.

6. Terlalu suka membandingkan dan memuji teman ceweknya dengan dirimu, ini pacarnya siapa sih?
Yang, coba deh pakai jilbabnya kayak si Mus. Lebih kelihatan rapi aja!

Si Mus ini selera fotonya keren banget deh. Lihat deh, baguskan ya, Yang?

Kamu coba deh tanya sama si Mus, dia biasanya kalau nyari buku di mana.
Awalnya kamu menganggap biasa saat dia memuji temannya. Tapi lama-lama kamu pun mulai merasa kok cara dia memuji atau membanding-bandingkan temannya yang ini ke kamu bikin dirimu keki sendiri. Dikit-dikit si cewek ini, seperti ada perhatian khusus. Sampai-sampai soal penampilan saja dia memperhatikan. Kalau begini ceritanya, ya wajar saja kamu jadi cemburu.
Kamu sendiri bertanya-tanya dalam hati, sebenarnya dirimu ini menarik nggak sih buat dia? Kalau memang buatnya cewek itu lebih baik, kenapa dulu nggak memilih dia saja?
Karena cemburunya cewek itu nggak pernah yang nggak beralasan. Meski kadang alasannnya sepele, tetap saja cowok perlu tahu. Jangan juga lantas marah dengan kecemburuan cewek ini. Toh sebenarnya dari kecemburuan ini kalian bisa belajar untuk lebih saling mengerti, terbuka dan bisa lebih bijak dalam bersikap.
Kamu pun jangan cuma bisa bilang, “Aku cemburu tuh karena emang aku sayang sama kamu,” Jelasin saja yang sebenarnya kamu rasakan dan pikirkan.

hipwee.com

Bukan Karena Sayang, Tapi Hal-hal Ini Wajar Kalau Bikin Kamu Cemburu Sama Pacar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: netnit net