Wednesday, June 8, 2016

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali membuat para pelaku usaha tersebut beresiko mengalami kegagalan. Apalagi jika dalam memulai sebuah bisnis, seorang pengusaha tersebut selalu terburu – buru dan tanpa melakukan perhitungan yang matang.

Kegagalan adalah sebuah resiko terbesar yang perlu dihadapi oleh para pelaku usaha, khususnya pelaku usaha yang masih baru atau pemula. Suatu persaingan usaha, manajemen internal perusahaan, dan berbagai faktor lainnya dapat menjadi salah satu penyebab kegagalan dari sebuah usaha. Beberapa faktor di bawah ini sangat penting untuk diperhatikan oleh para pelaku bisnis yang baru saja memulai usahanya.

Sikap Pengusaha

Sikap dari seorang pelaku usaha yang paranoid, keras kepala, tidak mau berhadapan dengan resiko dan konflik, merasa bawah dirinya paling benar serta perfeksionis kadang membuat mereka sulit menerima saran, ide, atau masukkan dari orang lain. Apalagi bawahan mereka. Hal inilah yang dapat memicu terjadinya kegagalan dalam sebuah usaha.

Disfungsi Manajemen

Kurangnya perencanaan yang matang, standar, visi, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan manajemen usaha ditambah dengan kurangnya kerjasama dengan mitra kerja juga dapat menjadi salah satu penyebab sebuah usaha mengalami kegagalan.

Operasional Tak Efisien

Banyaknya biaya pengeluaran yang dipergunakan untuk tenaga kerja, sewa, bahan produksi, dan didukung dengan karyawan yang tidak ulet serta tidak dapat melakukan negosiasi (untuk konteks yang dapat menguntungkan perusahaan) dapat menyebabkan usaha menjadi tidak kompetitif atau bahkan mengalami kegagalan.

Akuntansi Buruk

Seorang pelaku usaha yang tidak mampu mengontrol usahanya apalagi tidak mempunyai data keuangan juga tak menutup kemungkinan akan mengalami kegagalan. Kesalahan yang sering terjadi adalah para pelaku usaha menyewa akuntan dari luar untuk melakukan perhitungan pajak dan mengawasi keuangan. Pekerjaan seperti ini padahal idealnya dikerjakan oleh bagian kepala keuangan.

Kekurangan Uang Cash

Hal buruk lainnya yang mungkin saja terjadi dengan usaha kecil adalah kehilangan karyawan dan pelanggan yang berpotensi, tuntutan hukum yang mungkin saja dialami oleh pengusaha manapun, dan datangnya pesaing baru yang dapat berakibat pada penekanan keuangan usaha. Hal inilah yang dapat menyebabkan perusahaan menjadi sulit untuk proses recovery bila perusahaan harus hutang uang cash dalam jumlah yang cukup banyak.

Pertumbuhan Usaha Tidak Terkontrol

Perusahaan yang berekspansi terlalu luas mungkin menjadi salah satu faktor penyebab kegagalan usaha yang ironis. Ekspansi usaha yang gagal dapat disebabkan karena kesalahan memilih pasar yang ternyata kurang meguntungkan. Kemudian, meminjam uang terlalu banyak untuk mempertahankan pertumbuhan di tingkat tertentu juga dapat menjadi penyebab kegagalan usaha.

Penurunan Pangsa Pasar

Usaha seperti percetakan, toko buku, usaha toko musik, dan berbagai usaha kecil yang berkaitan dengan perubahan teknologi, kompetisi, serta permintaan pasar juga menjadi jenis usaha yang rentan mengalami penurunan pasar serta mengalami kegagalan.

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown