Thursday, April 7, 2016

Kenali 3 Kontak Lensa Mata Sebelum Memakainya

Kenali 3 Kontak Lensa Mata Sebelum Memakainya

Keinginnan memperindah atau mempercantik mata terkini adalah menggunakan lensa kontak mata.Dipastikan setelah menggunakannya, aakan merubah kondisi mata anda lebih indah. Namun anda sebelum menggunakannya harus mengenalnya terlebih dahulu.

Contact lens atau kontak lensa adalah sebuah piringan kecil dari bahan seperti plastik tipis yang dipasang pada bola mata anda.

Sesuai fungsinya, kontak lensa memiliki tipe yang berbeda-beda.

Berikut akan kami paparkan beberapa tipe kontak lensa seperti yang ditulis dr Nadia Octavia pada kolom KlikDokter.com

1. Soft contact lenses

Soft contact lenses merupakan jenis lensa kontak yang paling digemari dan digunakan untuk mengoreksi berbagai masalah mata seperti:

Rabun jauh (miopi)
Rabun dekat (hipermetropi)
Astigmatisma
Presbiopi

Lensa kontak ini mengikuti bentuk mata, lebih nyaman dan cenderung berada pada posisi yang statis.

Oleh karena itu, lensa kontak jenis ini merupakan pilihan yang dianjurkan jika Anda adalah pribadi yang aktif ataupun senang berolahraga.

2. Hard contact lenses


Lensa kontak jenis ini memberikan pandangan yang lebih jelas dan lebih tajam pada beberapa masalah mata tertentu, terutama jika Anda sudah mencoba menggunakan soft contact lenses dan tidak puas dengan hasilnya.

Sirkulasi udara pada hard contact lenses seringkali lebih baik daripada soft contact lenses sehingga dapat mengurangi resiko infeksi.

Dibutuhkan waktu hingga 1 minggu untuk dapat beradaptasi dengan lensa kontak ini karena lensa kontak jenis ini seringkali berpindah posisi.


3. Lensa kontak jenis khusus

Hybrid contact lenses

Hybrid contact lenses memiliki fitur pusat lensa yang keras (permeabel terhadap udara) dikelilingi dengan lapisan yang lunak. Lensa kontak jenis ini biasanya dipilih jika Anda memiliki masalah dengan kurvatura kornea yang ireguler (keratoconus).

Bifocal or multifocal contact lenses

Lensa kontak ini, tersedia dalam bentuk lunak dan keras, dapat mengkoreksi berbagai kelainan seperti: miopi, hipermetropi, presbiopi dan astigmatisma.

Tinted contact lenses

Lensa kontak jenis ini (digunakan sebagai fungsi kosmetik atau terapeutik) digunakan untuk meningkatkan persepsi warna dan membantu kompensasi pada penderita buta warna.(KlikDokter.com)

Kenali 3 Kontak Lensa Mata Sebelum Memakainya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown