Wednesday, March 30, 2016

Tips Dan Trik Meningkatkan Kecepatan Wifi Router

Tips Dan Trik Meningkatkan Kecepatan Wifi Router

Internet benar-benar sudah mengubah kehidupan manusia. Tidak ada yang ingin membayangkan bila Internet tidak bisa digunakan lagi. Segala kehidupan telah jauh lebih mudah. Dari sekadar mencari informasi, hingga pengembangan teknologi, semuanya menggunakan Internet.

Sejak munculnya Internet, beberapa teknologi lain juga diperkenalkan untuk membuat kehidupan lebih mudah dari sebelumnya. Tentunya, Wifi pasti termasuk di urutan teratas.

Dengan Wifi router, koneksi Internet akan menjadi lebih cepat. Anda cukup menempatkannya di tempat strategis agar mendapatkan performa terbaik. Dikutip dari Business 2 Community, Rabu (22/3/2016), berikut ini kiat-kiat menempatkan Wifi router agar semakin cepat dan nyaman digunakan.

1. Pilih Lokasi di Tengah-Tengah

Wifi router biasanya terletak di salah satu sudut rumah. Padahal, posisi ini tidak sepenuhnya benar. Agar mendapatkan koneksi Wifi terbaik, Wifi router harus ditempatkan di lokasi yang tepat, yaitu di tengah-tengah rumah.

Tujuannya untuk memastikan sinyalnya tersebar ke setiap sudut ruangan. Namun bila Anda biasa menggunakan Internet di salah satu tempat tertentu, Anda bisa meletakkan router dekat ruangan tersebut.

2. Jauhi Logam

Logam di dekat Wifi router dapat menyebabkan gangguan koneksi. Gadget tidak akan mampu menangkap sinyal dari Wifi router dengan benar. Ini mengakibatkan konektivitas Internet di gadget melambat secara signifikan.

Tentunya hal tersebut akan sangat mengganggu kelancaran saat internetan.Satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah menjauhkan router tersebut dari logam.

3. Tempatkan di Ruang Internet Sering Digunakan

Beton atau dinding bata ternyata memengaruhi kinerja Wifi router. Dinding dikenal sebagai material penyerap radiasi secara signifikan. Sinyal dari router tidak dapat mencapai sudut terjauh rumah karena terhalang dinding beton. Oleh karena itu, sebaiknya tempatkan Wifi router di ruangan yang sama Anda menggunakan Internet.

4. Letakkan di Posisi Tinggi

Anda jelas tahu sinyal Wifi tersebar dari router. Tapi Anda juga harus tahu bahwa sinyal ini juga memiliki gerakan ke bawah. Jadi, penting untuk memilih tempat agar sinyal tersebar luas dengan baik.

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menempatkan Wifi router di tempat tinggi. Dengan begitu, Anda bisa memastikan bahwa sinyal Wifi tersebar di dalam rumah Anda. Kemudian, kemungkinan untuk mendapat sinyal di seluruh sudut ruangan pun akan lebih besar.

5. Gunakan Antena Sesuai Kebutuhan

Wifi router yang Anda gunakan seharusnya dilengkapi antena. Apabila Anda ingin sinyal bergerak ke atas, antena harus diarahkan secara vertikal.

Namun, apabila Anda ingin sinyal bergerak ke samping, geser antena secara horizontal. Satu hal lagi, jangan tempatkan Wifi router di tempat di mana terdapat banyak orang karena hal ini akan berefek negatif pada koneksi Anda.

Tips Dan Trik Meningkatkan Kecepatan Wifi Router Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown