Wednesday, March 30, 2016

Tips Aman MengAkses WiFi Gratis

Tips Aman MengAkses WiFi Gratis

Internet saat ini telah menjadi salah satu kebutuhan penting dalam kehidupan masyarakat, terutama di perkotaan. Hal itu membuat beberapa tempat di kota-kota besar menyediakan sarana Wifi gratis, sehingga bisa digunakan oleh pengunjungnya.

Kendati begitu, kenyamanan menggunakan Wifi gratis tak selamanya aman. Mengapa? Hal itu lantaran Wifi gratis tersebut bisa digunakan sebagai celah yang digunakan para penjahat siber. Dengan meratanya penyebaran jaringan gratis itu, para penjahat siber telah menyiapkan jaringan Wifi palsu.

Tentunya, bagi Anda yang tidak berhati-hati, maka harga yang harus dibayar adalah pencurian login kredensial Anda. Hal itu ditambah sulitnya untuk membedakan jaringan palsu yang beredar, maka ada langkah yang bisa dilakukan selain menghindari menggunakan Wifi gratis dan menghubungkan smartphone dengan data mobile.

Berikut ini langkah yang bisa dilakukan untuk melindungi diri dari ancaman tersebut, sebagaimana dalam keterangan Kaspersky Lab, dilansir Okezone, Kamis (17/12/2015).

- Jangan menggunakan jaringan Wifi tanpa kata sandi. Para penjahat siber umumnya membuat jaringan seperti ini untuk melacak data pribadi pengguna.

- Meski kata sandi nyata, namun jangan dipercaya sepenuhnya. Hal itu lantaran para penjahat siber juga bisa dengan mudah mengetahui kata sandi yang digunakan untuk terhubung dengan jaringan Wifi dan kemudian bisa digunakan untuk menciptakan jaringan palsu dengan nama yang sama.

- Matikan Wifi saat tidak menggunakannya. Ini untuk melindungi data Anda dan membantu untuk menghemat daya perangkat.

- Membatasi kebutuhan. Ketika menggunakan Wifi publik gratis, jangan menggunakannya untuk membuka akun perbankan Anda atau layanan penting lainnya.

- Hanya HTTP. Beberapa situs menggunakan https yang mengenkripsi apa saja yang Anda kirim dan terima dari situs tersebut. Misalnya, Google, Wikipedia dan Facebook dapat melakukan hal tersebut. Apabila memungkinkan, aktifkan pengaturan seperti ini untuk semua layanan penting yang Anda miliki.

- Saran untuk pengguna Google Chrome, Firefox dan Opera. Apabila Anda sering berpergian dan selalu online di laptop saat berada di tempat umum, maka unduhlah plugin khusus yang membantu Anda untuk mengakses Internet secara aman.

- Pertimbangkanlah untuk menggunakan jaringan virtual private network (VPN). Metode itu sangatlah baik untuk melindungi data Anda karena layanan VPN akan mengenkripsi semua data yang Anda kirimkan.

- Mengunduh solusi keamanan.

Tips Aman MengAkses WiFi Gratis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: netnit net