Sunday, March 27, 2016

Rotasi Bumi Semakin Melambat, Internetpun Bisa Kiamat


Tanpa disadari oleh manusia, putaran bumi pada porosnya (rotasi) semakin melambat tiap 100 tahun. Hal itu ternyata dapat menyebabkan kiamat internet kecil di pertengahan tahun nanti.

Kelompok ilmuwan yang mengatur ketepatan waktu di bumi, Paris Observatory dan International Earth Rotation Service (IERS), telah memutuskan untuk menambah satu detik di tahun 2015. Hal tersebut dibutuhkan untuk mengkompensasi ketepatan waktu dunia yang berubah akibat melambatnya rotasi bumi.


Ilmuwan berpedoman pada jam atom untuk menetapkan waktu di bumi. Jam tersebut diketahui mempunyai keakuratan tinggi yang bahkan tidak akan berubah hingga ribuan tahun. Namun, di sisi lain bumi lah yang justru semakin lambat berputar dan menyebabkan satu hari mempunyai durasi lebih lama dari seharusnya (24 jam).


Untuk menyamakan waktu bumi dan jam atom tadi, ilmuwan terpaksa menambah satu detik di tahun 2015, tepatnya pada tanggal 30 Juni nanti. Tetapi, banyak yang berpendapat hal tersebut akan memicu kiamat internet skala kecil. Bagaimana bisa?

Penambahan waktu meski satu detik saja tercatat dapat menyebabkan bencana pada server internet di dunia. Situs-situs di dunia bisa mengalami crash atau down secara bersamaan karena harus beradaptasi dengan penambahan waktu tadi.

Kiamat kecil ini sebelumnya pernah terjadi di tahun 2012. Saat itu, situs-situs besar seperti Reddit dan LinkedIn dilaporkan mengalami crash besar-besaran akibat tidak mampu beradaptasi dengan waktu baru bumi.

Seperti yang dikutip dari merdeka.com, penambahan satu detik di 30 Juni nanti bisa membuat website di dunia offline jika masalah server yang timbul tidak segera diatasi.

Guna menghindari kiamat internet yang sama di tahun 2012 atau 2015 yang akan datang, pemerintah dunia nampaknya akan memutuskan untuk menghapus praktik penambahan waktu bumi. Pemerintah Amerika misalnya, mengatakan bila hal itu tidak diperlukan, karena cepat atau lambat waktu bumi memang tidak akan sinkron dengan jam atom akibat melambatnya putaran bumi yang terus terjadi.
Jika benar penambahan waktu itu dihilangkan, kiamat internet kecil tahun 2015 ini dipastikan adalah yang terakhir. Di sisi lain, manusia mungkin tidak akan sadar bila di tahun 2700 nanti satu hari di bumi menjadi 24,5 jam.

Rotasi Bumi Semakin Melambat, Internetpun Bisa Kiamat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: netnit net