Saturday, March 12, 2016

Jangan Remehkan Rempah Rempah Yang Satu Ini !!! Tanpa Kita Sadari Ternyata Menyimpan Berjuta Manfaat Untuk Tubuh Kita. Ini Penjelasannya

Ketumbar (Coriandrum sativum) yaitu salah satu jenis tanaman rempah-rempah yang sudah sangatlah di kenal masyarakat juga sebagai bumbu masakan. Semua sisi tanaman mencakup buah, biji, serta daun, bahkan juga akarnya bisa digunakan. Selain bijinya yang kerap jadikan juga sebagai bumbu masakan, daun ketumbar juga nyatanya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat daun ketumbar ini karena lantaran daun ketumbar memiliki kandungan senyawa-senyawa kimia yang di kenal dapat mencegah beragam jenis penyakit, salah satunya senyawa geraniol, myrcene, ocimene, skopoletin, kamfena, felandren, trantridecen, dekanal, p-simena, oktadasenat, sabinene, desilaldehida, a-terpinene, asam petroselinat, asam d-mannite, serta linalool.
Ketumbar adalah tanaman semusim, bisa tumbuh sampai ketinggian 50 cm, serta daunnya serupa dengan daun seledri. Bunganya kecil berwarna putih atau merah jambu pudar, serta buahnya berbentuk bundar. Buahnya yang kecil dikeringkan serta diperdagangkan, baik digerus ataupun tidak. Bentuk yang tidak digerus serupa dengan lada, seperti biji kecil-kecil berdiameter 1-2 mm.
Dalam perdagangan obat, ketumbar diberi nama fructus coriandri. Dalam bahasa Inggris di kenal juga sebagai coriander serta di Amerika di kenal juga sebagai cilantro. Tumbuhan ini datang dari Eropa Selatan serta sekitar Laut Kaspia. Beragam type masakan tradisional Indonesia sering memakai bumbu berbentuk biji berupa butiran beraroma keras yang diberi nama ketumbar. Dengan penambahan bumbu itu, aroma masakan bakal lebih nyata.
Kandungan zat gizi dalam 100gr ketumbar yaitu :
Energi = 404 kkal
Protein = 14, 1 gr
Lemak = 16, 1 gr
Karbohidrat = 54, 2 gr
Kalsium = 630 mg
Fosfor = 370 mg
Zat Besi = 18 mg
Vitamin A = 1570 IU
Vitamin B1 = 0, 2 mg
Bagian yang bisa dikonsumsi (Bdd/Food Edible) = 100%
Pemakaian daun ketumbar untuk obat luar serta obat dalam bisa dikerjakan lewat cara ditumbuk hingga halus serta di rebus. Untuk obat luar, sesudah ditumbuk halus daun lantas digabung dengan bahan ramuan yang lain, seperti bawang merah, kunyit, serta cengkeh. Ramuan itu lalu digabung dengan memakai air serta ditempatkan di bagian yang sakit. Sedang untuk obat dalam, daun ketumbar mesti di rebus terlebih dulu. Lalu air hasil rebusan disaring serta diminum dengan cara teratur. Air rebusan itu dapat juga ditambahkan beragam bahan kombinasi untuk kurangi rasa pahitnya, misalnya ditambah gula aren, madu, serta kayu manis.
Berikut sebagian manfaat daun ketumbar untuk kesehatan :
Antibiotik alami
Daun ketumbar bisa jadikan antibiotik alami untuk menangani beragam permasalahan gangguan pencernaan, seperti diare yang dikarenakan oleh bakteri patogen. Hal semacam ini lantaran daun ketumbar memiliki kandungan senyawa kimia terlebih jenis borneol serta cilantro yang dapat membunuh bakteri E. coli, yakni patogen penyebab diare. Manfaat daun ketumbar tidak hanya itu saja, juga sebagai antibiotik alami daun ketumbar juga dapat menangani beragam permasalahan kesehatan yang lain, seperti radang lambung, campak, pusing, flu, wasir, tekanan darah tinggi, masuk angin, radang payudara, muntah-muntah, bahkan juga lemah syahwat.
Antioksidan
Banyak riset yang sudah mengungkap bahwa daun ketumbar mempunyai kesibukan antioksidan lebih tinggi dari pada bijinya. Hal semacam ini karena senyawa asam kafeat serta asam klorogonik yang dapat menghambat radikal bebas yang bisa menyebabkan oksidasi, khususnya pada kulit. Oleh karenanya, bila kerap konsumsi daun ketumbar dalam menu diet harian bisa membuat perlindungan kulit dari kerutan disebabkan sistem oksidasi radikal bebas yang sangatlah berbahaya.
Antikolesterol
Khasiat daun ketumbar selanjutnya yaitu bisa turunkan kandungan kolesterol LDL serta tingkatkan kolesterol HDL dalam darah. Kandungan terutama dari daun ketumbar yang berperan juga sebagai antikelosterol ini yaitu flavonoid. Flavonoid ini bekerja dengan menghalangi penyerapan lemak jenuh dari makanan oleh tubuh, lalu dalam hati lemak jemu tersebut di ikat dengan senyawa flavonoid serta dibuang segera tanpa ada diserap lewat peredaran darah. Selain itu, daun ketumbar juga berperan juga sebagai penetral racun-racun yang ada dalam darah, hingga dikatakan sebagai bahan pencuci darah alami (blood cleanser).
Terapi relaksasi
Seperti dengan coklat, daun ketumbar juga memiliki kandungan senyawa kaemferol yang bisa merangsang penambahan pembentukan senyawa serotonin serta dopamin yang bisa menyebabkan rasa senang. Hal semacam ini sangatlah bermanfaat untuk menangani permasalahan stres dengan cara alami tanpa ada memakai obat-obatan antidepresi. Diluar itu, senyawa itu dapat juga mempercepat pembakaran glukosa jadi energi hingga sedikit bekas karbohidrat yang disimpan oleh tubuh jadi lemak.
Khasiat ketumbar lainnya
Selain daunnya, biji ketumbar juga sudah digunakan juga sebagai herbal untuk mengatasi beragam permasalahan kesehatan, diantaranya :
Mengatasi anemia
Kandungan zat besi dalam ketumbar bisa menolong menangani anemia.
Membantu system pencernaan
Kandungan minyak esensial ketumbar bisa menolong sistem sekresi enzim serta cairan pencernaan didalam perut, merangsang sistem pencernaan dengan tingkatkan gerakan peristaltik di saluran pencernaan, serta menangani anoreksia.
Mengatasi bengkak
Cineole, satu diantara 11 komponen minyak esensial serta asam linoleat yang ada dalam ketumbar, mempunyai manfaat antirematik serta anti-artriti. Dengan hal tersebut, ketumbar bisa dipakai untuk menangani bengkak disebabkan rematik serta arthritis.
Mengatasi diare
Komponen borneol serta linalool dalam ketumbar menolong sistem pencernaan, tingkatkan fungsi hati, serta menolong sistem pengikatan massa feses pada usus. Komponen lain seperti cineol, limonene, alpha-pinene serta beta-phelandrene mempunyai kesibukan antibakteri hingga bermanfaat dalam menangani diare yang dikarenakan oleh bakteri.
Melindungi siklus m3n5tru451
Ketumbar dengan cara alami bisa merangsang serta menolong kedisiplinan sekresi h0rm0n dari k313nj4r endokrin, hingga berguna dalam melindungi kedisiplinan m3n5tru451 dan kurangi rasa sakit yang mungkin saja muncul.
Kurangi kandungan gula darah
Efek stimulasi cumin pada kelenjar endokrin bakal tingkatkan sekresi insulin dari pankreas. Dengan demikian, gula dirubah glikogen, hingga kandungan gula darah yang tinggi dapat turun ke level normal.
Melindungi hati
Ketumbar bisa menangani inflamasi atau peradangan, kejang, ekspektoran, melindungi hati, anti-karsinogenik, anti-konvulsan, antihistamin, serta hipnotik. Diluar itu, ketumbar dapat juga bertindak juga sebagai afrodisiak alami bila dikombinasikan dengan tanaman herbal yang lain.
Mengatasi jerawat
Jus ketumbar digabung dengan serbuk kunyit adalah ramuan untuk permasalahan jerawat, flek serta kulit kering. Kombinasi herbal ini dioles-oleskan di wajah sesudah membersihkan muka saat sebelum tidur.
Anti osteoporosis
Kandungan vitamin K yang tinggi dalam ketumbar disebutkan bermanfaat dalam perlindungan pada osteoporisis dengan cara pencegahan pengaktifan beberapa sel yang di kenal juga sebagai osteoclasts, yakni sel yang berperan menghancurkan jaringan tulang yang mati.
Menurunkan kadar gula darah
Percobaan pada hewan tunjukkan bahwa ketumbar dapat turunkan kandungan gula dalam tekanan darah.
Anti arthritis
Di India, ketumbar sudah dipakai juga sebagai anti radang untuk arthritis serta penyakit yang lain dalam praktek penyembuhan Ayurveda selama bertahun-tahun.
Demikian manfaat daun serta biji ketumbar, dikumpulkan dari beragam sumber. Selalu konsultasi terlebih dulu dengan dokter saat sebelum mengambil keputusan untuk memakai pengobatan herbal.

Jangan Remehkan Rempah Rempah Yang Satu Ini !!! Tanpa Kita Sadari Ternyata Menyimpan Berjuta Manfaat Untuk Tubuh Kita. Ini Penjelasannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown