Saturday, February 6, 2016

Waspada!! Benda Ini Sering Dianggap Mainan, Dampaknya Fatal Bagi Penglihatan Mata

Benda Ini Sering Dianggap Mainan, Dampaknya Fatal Bagi Penglihatan Mata

Sinar laser sering dianggap sebagai mainan oleh orang dewasa, apalagi anak-anak. Padahal sinar laser sangat berbahaya bila diarahkan ke mata.

Akhir tahun lalu optometrists asal Australia, Ben Armitage, diminta menangani masalah yang menimpa remaja laki-laki berusia 14 tahun.

"Dia datang kepada saya pada Jum'at malam, menceritakan dia memegang pena laser dan malangnya laser itu menyorot matanya dalam beberapa waktu," kata Armitage dikutip ABC Net.

Saat kejadian remaja itu tidak merasa sakit.Tapi penglihatannya makin kabur.Sinar itu akhirnya merusak bagian belakang mata remaja tersebut secara permanen. Penglihatannya hanya tersisa 25 persen.

Dilansir Diply, dari foto yang diperoleh, masing-masing retina menghitam, menandakan adanya kerusakan.

Ini tidak bisa diperbaiki, meskipun dengan menggunakan kacamata.
"Dia benar-benar membakar retina di bagian belakang mata, dekat area yang disebut macular," kata Armitage.

Karena macular adalah area yang membuat penglihatan jadi jelas, efeknya kerusakan pada penglihatan jadi makin besar.Untuk mengetahui lebih lanjut kerusakan mata akibat laser, mari membandingkan dengan kamera. Anggap sensor kamera adalah macula.

Bayangkan mata anda adalah kamera dan sensornya rusak.Tak peduli lensa apapun yang anda letakkan di kamera, hasilnya tidak akan sama dengan semula. Akan selalu ada area dimana vision sangat terpengaruh dalam kamera.

Begitu juga mata remaja itu. Karena yang rusak adalah macular, bagaimana pun dia memakai kaca mata tidak akan memberikan pengaruh.

Pada remaja itu, area penglihatan yang rusak adalah bagian tengah vision, yang biasanya membuat mata fokus menatap ke depan. Dengan fungsi tersebut, anda membaca, berkendara dan melihat objek benda dengan jelas.

Walaupaun dioperasi atau dibantu dengan kacamata apapu, penglihatannya tidak akan kembali normal.

Armitage hanya berharap mengurangi pembengkakan mata akan menolong mengembalikan penglihatan walaupun sedikit.

Akibat insiden itu, Optometry Tasmania telah memperingatkan para orang tua untuk mengawasi anak-anaknya, dan tidak memberikan benda sinar laser sebagai mainan.

Waspada!! Benda Ini Sering Dianggap Mainan, Dampaknya Fatal Bagi Penglihatan Mata Rating: 4.5 Diposkan Oleh: netnit net