Wednesday, February 17, 2016

Cara Mudah Cek Pemakaian IndiHome

Cara Mudah Cek Pemakaian IndiHome

Saat ini masih ada yang mempertanyakan tujuan diterapkannya Fair Usage Policy (FUP) pada layanan broadband. Pada dasarnya tujuan FUP adalah untuk melindungi pelanggan. VP Consumer Marketing and Sales Telkom, Jemy Confido, menjelaskan bahwa FUP bertujuan untuk melindungi normal user dari pemanfaatan pemakaian berlebihan oleh heavy user. Satu pelanggan heavy user berpotensi mengganggu 7 (tujuh) pelanggan normal pada saat trafik masuk ke international Internet gateway.

Berdasarkan pengamatan trafik internet pelanggan IndiHome, jumlah heavy user tersebut tidaklah banyak sehingga dengan penerapan FUP maka sekitar 99% pelanggan IndiHome tidak akan terdampak, karena pemakaian akses Internet yang wajar. Hal ini juga dikarenakan FUP yang diterapkan oleh Telkom sangat tinggi, yaitu minimal 300 GB, bandingkan dengan yang diterapkan di Malaysia, pada paket kecepatan yang sama diterapkan FUP 90 GB. Sehingga pelanggan yang tidak melakukan resell atau meretailkan kembali akses Internetnya tidak perlu khawatir. Bahkan pelanggan IndiHome diharapkan bisa lebih nyaman dalam menggunakan akses Internetnya karena dilindungi dari penggunaan Internet yang tidak wajar dan berpotensi mengganggu atau biasa disebut abusive.

Lebih lanjut Jemy menjelaskan bahwa untuk meningkatkan kepastian layanan dan kenyamanan pelanggan dalam memanfaatkan IndiHome, maka pelanggan dapat melihat informasi volume pemakaian (usage) Internetnya melalui situs http://www.indihome.co.id. Caranya cukup dengan masuk ke menu “Usage Info” yang tersedia di situs tersebut. Sebagai langkah verifikasi, maka sebelum dapat melihat informasi tersebut, pelanggan akan diminta memasukkan informasi nomor telepon rumah dan IndiHome, email dan nomor ponsel.

Informasi volume pemakaian akses Internet yang ditampilkan adalah periode pemakaian pada bulan berjalan, mulai dari tanggal 1 sampai dengan tanggal posisi pengecekan. Tetapi tentu saja volume pemakaian tersebut tidak termasuk volume pemakaian data dari penggunaan UseeTV. "FUP hanya diberlakukan untuk layanan Internet sehingga penggunaan UseeTV dibebaskan dari FUP," jelas Jemy. Informasi tersebut juga ditampilkan untuk pelanggan IndiHome dengan kecepatan 10 Mbps atau lebih, karena IndiHome dengan kecepatan kurang dari 10 Mbps tidak dikenakan FUP.

Tools untuk memonitor penggunaan Internet ini sudah disiapkan dan diujicobakan Telkom sejak layanan IndiHome digelar. Untuk memudahkan pelanggan mengetahui pemakaian Internet mereka, maka sekarang tools tersebut bisa digunakan oleh pelanggan dengan mudah melalui website Indihome.

Cara Mudah Cek Pemakaian IndiHome Rating: 4.5 Diposkan Oleh: netnit net