Tuesday, September 22, 2015

Punya Teman Stres?? Ini Nich 7 Cara Aneh Mengurangi Stres

Nitnetnit - STRES adalah sebuah kondisi yang sangat tidak mengenakkan. Perasaan tertekan, ketakutan, depresi dan perasaan yang tidak karuan lainnya seolah bercampur menjadi satu dan membuat kita merasa tak nyaman.

Penyebab stres sendiri bisa bermacam-macam mulai dari beban pekerjaan, sekolah, masalah keluarga, masalah dengan teman, masalah keuangan, sakit dan bahkan hal-hal sepele seperti macet di jalan bisa membuat kita stres.

Berikut ini adalah beberapa cara cepat mengatasi stres, seperti dilansir laman Care2, Minggu (13/9):

Punya Teman Stres?? Ini Nich 7 Cara Aneh Mengurangi Stres

1. Bersumpah dengan suara keras

Hanya jangan biarkan rekan kerja Anda atau ibu Anda mendengar Anda. Selama Anda tidak melakukannya karena marah belaka, bersumpah bisa meningkatkan ketenangan dan kontrol. Tindakan sederhana ini telah terbukti mengurangi stres.

2. Meledakkan balon

Anda mungkin tidak akan merasa seperti mengadakan pesta jika Anda sedang stres, tapi meledakkan balon adalah cara yang bagus untuk memaksa diri Anda untuk menghirup dan menghembuskan napas secara perlahan. Ini membuat Anda menggunakan diafragma Anda.

3. Minum segelas jus jeruk

Jus jeruk merupakan sumber vitamin C yang dikenal untuk menurunkan kortisol, hormon stres. Dalam sebuah penelitian di Jerman, 120 orang diberi tugas stres karena harus berbicara di depan umum dan memecahkan masalah matematika.

Mereka yang telah diminta untuk mengonsumsi suplemen vitamin C menunjukkan penurunan tingkat kortisol yang jauh lebih rendah dan tekanan darah dibandingkan dengan mereka yang tidak mengambil suplemen.

4. Makan segenggam pistachio

Pistachio telah terbukti menurunkan tekanan darah. Sebuah studi dari Penn State University menemukan bahwa makan tiga ons pistachio sehari bahkan bisa membuat arteri lebih tenang dan membuat jantung tidak bekerja terlalu keras.

5. Hirup aromaterapi

Banyak sekali penelitian telah menyarankan bahwa aromaterapi adalah cara yang efektif untuk mengurangi stres. Untuk melihat cara kerjanya untuk diri sendiri, Anda bisa mencoba aroma menenangkan seperti lavender, melati, vanili, kelapa atau aroma favorit lain yang Anda sukai.

6. Berjalan tanpa alas kaki di rerumputan.

Berjalan tanpa alas kaki di rerumputan telah terbukti memberikan berbagai manfaat kesehatan dari mengurangi peradangan, memperbaiki tidur, mengatur keseimbangan kadar glukosa darah dan variabilitas detak jantung.

7. Pijat telinga Anda

Percaya atau tidak, telinga Anda mengandung titik-titik tekanan yang bisa membantu mengatur emosi Anda ketika mereka sedang dirangsang dengan cara yang benar. Coba menghabiskan sekitar 3 sampai 5 menit perlahan menggosok daerah dalam telinga Anda dan bergerak ke daerah-daerah rawan luar. Ulangi pada telinga yang lain selama sekitar 10 menit.(fny/jpnn)

Punya Teman Stres?? Ini Nich 7 Cara Aneh Mengurangi Stres Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonymous