Tuesday, September 22, 2015

Menahan Kantuk dan Menambah Energi Tanpa Kafein, Bisa Kok!

Menahan Kantuk dan Menambah Energi Tanpa Kafein, Bisa Kok!
Nitnetnit - Tanpa disadari ternyata banyak orang kecanduan kopi sejak remaja. Kafein memang memiliki manfaat untuk buat tubuh terjaga karena kafein membangkitkan hormon adrenal sehingga membuat Anda menjadi lebih semangat dan merasa awas.

Tapi mengonsumsi kopi berlebihan juga tak baik buat kesehatan, karena itulah ada beberapa makanan pengganti kafein.

Konsumsi kafein berlebihan tentu sangat tidak dianjurkan. Apalagi kalau diri kita sudah sampai tahap kecanduan. Kecanduan kafein bisa mengakibatkan Anda memiliki waktu istirahat yang kurang dan bisa mengganggu proses perbaikan sel tubuh.

Berikut makanan dan minuman yang bisa menggantikan kafein di dalam tubuh seperti dilansir laman Glamour, Senin (14/9).


1. Air
Minum kopi dipagi hari memang bisa memberi Anda sentakan energi untuk menjaga mata Anda terbuka selama beberapa jam. Tapi kopi juga bisa membuat tubuh Anda dehidrasi dan dehidrasi menyebabkan kelelahan. Untuk itulah, minum air putih terutama di pagi hari membuat Anda lebih terjaga dan waspada. Cobalah minum satu cangkir air putih penuh dengan irisan lemon.

2. Chia Seeds
Chia Seeds mengandung protein dan serat dan mengonsumsi biji chia mampu meningkatkan energi dan daya tahan.

3. Cacao
Kakao memiliki sifat energi yang luar biasa. Coba tambahkan 1 sdt dari biji kakao untuk Smoothie pagi atau yogurt.

4. Lemak
Percaya atau tidak, sedikit lemak sehat bisa membuat Anda berenergi. Apakah Anda pernah makan salad untuk makan siang dan merasa lapar dan lelah setelah mengonsumsinya?

Kemungkinan bahwa salad rendah protein dan lemak baik, tetapi menambahkan beberapa kacang-kacangan, protein hewani organik dan alpuka bisa menambah energi Anda.

5. Jus wortel
Bila Anda merasa lelah sekitar jam 3 sore jangan buru-buru minum kopi tapi tidak ada salahnya Anda minum jus wortel. Jus wortel akan meningkatkan energi Anda secara cepat.(fny/jpnn)

Menahan Kantuk dan Menambah Energi Tanpa Kafein, Bisa Kok! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown