Wednesday, September 16, 2015

Ini Jurus Rajawali Ngepret Rizal Ramli untuk Kritik Kabinet

Ini Jurus Rajawali Ngepret Rizal Ramli untuk Kritik Kabinet

Meski sempat terjadi silang pendapat dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli rupanya tak gentar. Rizal mengaku tetap akan bekerja sesuai dengan caranya sendiri. "Ini jurus rajawali ngepret namanya. Ha-ha-ha...," ujar Rizal dalam wawancara khusus dengan Tempo di gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Rabu malam, 19 Agustus 2015.

Rizal menjelaskan jurus tersebut merupakan cara dia untuk memberikan shock therapy. Dia menilai dibutuhkan cara yang out of the box untuk membenahi Indonesia. "Rajawali kan kukunya tajam. Dia biasa terbang di dunia bebas. Dia bawa angin dari luar yang lebih kuat. Ia bawa ke dalam, lalu ia kepret," kata Rizal.

Sehari menjadi menteri, Rizal sudah menuai kontroversi. Dia seolah "mengepret" pihak tertentu karena menyebutkan ada pejabat yang bermain di balik proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Ketika ditanya siapa yang dimaksud, dia enggan menyebutkan. "Ya, enggak usah menyebut nama-lah," tuturnya.

Dia juga mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo agar Garuda Indonesia menunda pembelian 30 unit pesawat Airbus A350. Rizal beralasan tidak ingin Garuda bangkrut lagi karena membeli pesawat itu dengan menggunakan pinjaman luar negeri senilai US$ 44,5 miliar, sementara Airbus A350 hanya cocok untuk penerbangan ke Amerika dan Eropa. Menurut dia, selama ini tingkat isian penumpang Garuda pada rute internasional Jakarta-London hanya 30 persen, dan itu hanya akan membuat Garuda merugi.

Rizal mengaku tidak akan membatasi diri meski sudah mendapat teguran. Setiap kritik yang dilontarkan dia nilai sebagai bagian dari transformasi untuk mengubah Indonesia. "Enggak…, enggak ada urusan ngerem. Cuma bedanya, kalau kita di luar, kita kritis. Tapi, kalau di dalam, kita kritis untuk mengubah," ucap Rizal.

Menurut Rizal, cara yang dia lakukan ini sudah tepat untuk memberikan efek shock therapy. "Kalau enggak, kita akan berada dalam zona nyaman terus. Apa-apa dibilang sudah bagus," ujarnya.
--tempo--

Ini Jurus Rajawali Ngepret Rizal Ramli untuk Kritik Kabinet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: netnit net